Sabtu, 07 Januari 2012

ABOUT ALGORITMA

Hai teman” semua,,,....   hmmm ini tugas dari pa dodo lagi,, hehhehe,kata beliau sebelum mulai belajar ,, kita harus menerapkan 4C + 1G dulu,, ada yang tau nggak apaan sih itu 4C+1G ??? HMMM artinya .... Cuka Cayang Cinta Cama Guyuna,, heheheh sontaklah semua pada tertawa,, hua hahahhaha lucu sihh,,... kata Pa dodo, percuma belajar kalau gak suka sama gurunya,,, sebab akan sulit bin susah untuk mengerti pelajaran dari guru tersebut. Sebaliknya, akan sangat mudah mengerti suatu pembelajaran maupun materi jika kita sudah menyayangi guru tersebut. Maka dari itu, sebelum belajar kita harus menerapkan 4C+1G dulu..,,, hehehehhe... Kali ini saya akan berbagi sedikit penjelasan mengenai algoritma yang sudah di jelaskan pa dodo. Oke,,, jadi apa sih Algoritma itu ??? Algoritma bisa diartikan sebagai suatu penyelesaian masalah melalui langkah-langkah yang dapat di gunalkan untuk memecahkan maupun menyelesaikan suatu permasalahan. Hmm,,.,,, oke sebagai contoh yang simple : Ada Dua gelas minuman yang berwarna merah (A) dan biru (B), kemudian kita di suruh memindahkan antara keduanya tanpa tercampur sama seklai,.,, nah bagaimana caranya ?? Disinilah kita akan menggunakan fungsi dari algoritma. Jadi,, caranya dengan menggunakan wadah yang baru,,, hhmmm sebenarnya masih banyak cara yang lain, tapi yang saya tau baru ini, hehehhe. Oke,, jadi tahapan atau langkah yang harus kita lakukan untuk memindahkannya melalui wadah yang baru antara lain :
1.     Letakkan isi gelas A ke wadah yang baru .
2.    Kemudian, tuangkan isi gelas B ke gelas A
3.    Dan yang terakhir letakkan isi gelas (A) di wadah yang baru ke gelas B
Nah,, oke kedua minuman tadi kini telah berpindah tempat tanpa tercampur sama sekali..,,, kira-kira beginilah sedikit gambaran tentang algoritma. Jadi kesimpulannya adalah bahwa algoritma di gunakan untuk menyelesaikan suatu permasalahan.
Penjelasan Algoritma (Mengutip berbagai sumber), antara lain :
Sebuah algoritma adalah prosedur atau formula untuk memecahkan masalah. Kata ini berasal dari nama ahli matematika, Muhammad bin Musa al-Khwarizmi-, yang merupakan bagian dari pengadilan kerajaan di Baghdad dan yang hidup sekitar 780-850. Karya al-Khwarizmi adalah sumber kemungkinan untuk kata aljabar juga. Sebuah komputer program yang dapat dilihat sebagai sebuah algoritma yang rumit. Dalam matematika dan ilmu komputer, algoritma biasanya berarti prosedur kecil yang memecahkan masalah yang berulang. Sebuah algoritma adalah satu set instruksi khusus untuk melaksanakan prosedur atau pemecahan masalah, biasanya dengan persyaratan bahwa prosedur berakhir pada beberapa titik. Algoritma tertentu kadang-kadang juga pergi dengan nama metode , prosedur , atau teknik . Kata "Algoritma" adalah penyimpangan dari al-Khwarizmi, seorang matematikawan Persia yang menulis sebuah risalah yang berpengaruh tentang metode aljabar. Proses penerapan algoritma untuk input untuk memperoleh output disebut perhitungan .
Dalam matematika dan ilmu komputer,algoritma adalah sebuah metode yang efektif dinyatakan sebagai terbatas daftar didefinisikan dengan baik instruksi untuk menghitung fungsi. Algoritma yang digunakan untuk perhitungan , pengolahan data , dan penalaran otomatis. Dengan kata yang sederhana algoritma adalah prosedur langkah-demi-langkah untuk perhitungan. Kebanyakan algoritma dimaksudkan untuk dilaksanakan sebagai program komputer . Namun, algoritma juga diimplementasikan dengan cara lain, misalnya di dalam biologi jaringan saraf (misalnya, otak manusia menerapkan aritmatika atau serangga mencari makanan), dalam sebuah sirkuit listrik , atau dalam perangkat mekanis. Dalam sistem komputer , algoritma pada dasarnya adalah sebuah contoh dari logika ditulis dalam perangkat lunak oleh pengembang perangkat lunak menjadi efektif untuk komputer dimaksudkan "target" (s), dalam rangka untuk mesin target untuk menghasilkan output dari input yang diberikan (mungkin nol).
 Salah satu algoritma paling sederhana adalah untuk menemukan jumlah terbesar dalam sebuah daftar (disortir) nomor. Solusinya tentu membutuhkan mencari di setiap nomor dalam daftar, tetapi hanya sekali pada masing-masing. Dari ini mengikuti algoritma sederhana, yang dapat dinyatakan dalam sebuah prosa deskripsi tingkat tinggi bahasa Inggris.
Algoritma sangat penting untuk data cara proses komputer. Banyak program komputer berisi algoritma yang detail spesifik instruksi komputer harus melakukan (dalam urutan tertentu) untuk melaksanakan tugas tertentu, seperti perhitungan karyawan gaji atau pencetakan siswa rapor. Dengan demikian, algoritma dapat dianggap setiap urutan operasi yang dapat disimulasikan. Biasanya, ketika algoritma dikaitkan dengan pengolahan informasi, data dibaca dari sumber input, ditulis ke perangkat output, dan / atau disimpan untuk diproses lebih lanjut. Data yang tersimpan dianggap sebagai bagian dari keadaan internal dari entitas melakukan algoritma. Karena algoritma ini adalah daftar langkah-langkah yang tepat, urutan perhitungan akan selalu penting untuk fungsi algoritma. Instruksi biasanya diasumsikan terdaftar secara eksplisit, dan digambarkan sebagai mulai "dari atas" dan akan "turun ke bawah", sebuah ide yang dijelaskan secara lebih formal oleh aliran kontrol .
Algoritma dapat dinyatakan dalam berbagai macam notasi, termasuk bahasa-bahasa alamiah , pseudocode , flowchart , bahasa pemrograman atau tabel kontrol (diproses oleh interpreter ). Ekspresi bahasa alami algoritma cenderung verbose dan ambigu, dan jarang digunakan untuk algoritma kompleks atau teknis. Pseudocode, flowchart dan tabel kontrol terstruktur cara untuk mengekspresikan algoritma yang menghindari banyak ambiguitas pernyataan umum dalam bahasa alami. Bahasa pemrograman yang terutama ditujukan untuk mengekspresikan algoritma dalam bentuk yang dapat dieksekusi oleh komputer, tetapi sering digunakan sebagai cara untuk mendefinisikan atau dokumen algoritma. Metode telah dikembangkan untuk analisis algoritma untuk mendapatkan jawaban kuantitatif seperti (perkiraan), misalnya, algoritma pengurutan di atas memiliki kebutuhan waktu O (n), dengan menggunakan notasi O besar dengan n sebagai panjang daftar. Pada setiap saat algoritma hanya perlu mengingat dua nilai: jumlah terbesar yang ditemukan sejauh ini, dan posisi saat ini dalam daftar masukan. Oleh karena itu dikatakan memiliki kebutuhan ruang O (1), jika ruang yang diperlukan untuk menyimpan nomor input tidak dihitung, atau O (n) jika dihitung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar