Sabtu, 07 Januari 2012

FLOWCHART


Heheheh,, sebenarnya saya masih agak bingung mengenai Flowchart,,, jadi hanya sedikit yang saya mengerti. Hmmm... Menurut bahasa, dan yang pernah saya dengar, Flow berarti aliran, sedangkan Chart berarti diagram. Jadi, Flowchart adalah diagram alir yang menggambarkan suatu proses Algorithma yang diawali dengan START (awal) dan END (akhir). Di dalam Flowchart terdapat beberapa simbol maupun gambar, diantaranya :
1.     Oval mewakili arti memulai atau Start (awal) dan End (akhir)
2.     Jajar Genjang mengartikan Input dan Output (IO)
3.     Persegi panjang mewakili  Proses Algorithma
4.     Belah ketupat sebagai simbol Pengambian Keputusan
Nah, itulah yang saya tau mengenai Flowchart..,,,, Hahahha sedikit sekali,, ya jujur aja saya masih bingung. Oke,, ini dulu yang dapat saya sampaikan,, maaf jika kurang or nggak jelas sama sekali.,, semoga bermanfaat sedikit dari apa yang saya jelaskan disini...
Menguti dari Internet, Flowchart memiliki arti yang luas, diantaranya :
Flowchart merupakan sebuah diagram dengan simbol-simbol grafis yang menyatakan tipe operasi program yang berbeda.Sebagai representasi dari sebuah program, flowchart maupun algoritma dapat menjadi alat bantu untuk memudahkan perancangan alur urutan logika suatu program, memudahkan pelacakkan sumber kesalahan program, dan alat untuk menerangkan logika program. Flowchart adalah jenis diagram yang mewakili suatu algoritma atau proses , menunjukkan langkah-langkah sebagai kotak dari berbagai jenis, dan pesanan mereka dengan menghubungkan ini dengan anak panah. Ini diagram representasi dapat memberikan solusi langkah-demi-langkah untuk diberikan masalah . Operasi proses direpresentasikan dalam kotak-kotak, dan panah menghubungkan mereka mewakili aliran kontrol. data tidak mengalir biasanya direpresentasikan dalam flowchart, berbeda dengan diagram aliran data , melainkan, mereka tersirat oleh urutan operasi. Flowchart digunakan dalam menganalisis, merancang, mendokumentasikan atau mengelola proses atau program di berbagai bidang. Flowchart digunakan dalam merancang dan mendokumentasikan proses kompleks. Seperti jenis lain dari diagram, mereka membantu memvisualisasikan apa yang terjadi dan dengan demikian membantu pemirsa untuk memahami proses, dan mungkin juga menemukan kelemahan, kemacetan, dan lain yang kurang-jelas fitur di dalamnya. Ada berbagai jenis diagram alur, dan setiap jenis memiliki repertoar sendiri kotak dan konvensi penulisan. Dua jenis yang paling umum dari kotak dalam flowchart adalah:
  • langkah pengolahan, biasanya disebut aktivitas, dan dilambangkan sebagai kotak persegi panjang
  • keputusan, biasanya dinotasikan sebagai berlian.
Dokumen flowchart, yang menunjukkan kontrol atas aliran-dokumen melalui sistem
Diagram alur data yang, menunjukkan kontrol atas aliran data dalam suatu sistem
Sejumlah simbol telah distandarkan untuk diagram aliran data untuk merepresentasikan aliran data, aliran kontrol bukan. Simbol ini juga dapat digunakan dalam grafik kontrol aliran (misalnya untuk menggantikan simbol jajaran genjang).
  • Sebuah Dokumen direpresentasikan sebagai persegi panjang dengan dasar bergelombang;
  • Sebuah input manual diwakili oleh segiempat , dengan bagian atas yang miring tidak teratur naik dari kiri ke kanan. Sebuah contoh akan untuk menandakan entri data dari formulir;
  • Sebuah Manual operasi diwakili oleh suatu trapesium dengan sisi paralel terpanjang di atas, untuk mewakili operasi atau penyesuaian proses yang hanya dapat dibuat secara manual.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar